BISNIS TERNAK BURUNG KENARI


BISNIS TERNAK BURUNG KENARI
Berbicara mengenai burung ocehan, jenis burung yang satu ini juga tidak diragukan lagi kekhasan suaranya, ialah burung Kenari. Bentuknya yang mungil, bulunya yang indah, serta suaranya yang merdu dan bervariatif menjadi nilai plus tersendiri bagi para pecinta burung di tanah air. Tidaklah heran, hampir setiap lomba ‘burung’ yang diadakan selalu mengikutkan kelas Kenari di dalamnya. Perawatan terhadap burung Kenari ini juga sangat mudah, seperti perawatan burung pada umumnya hal utama yang harus di perhatikan adalah aspek makanan-minuman dan kesehatan burung Kenari dengan menjaga kebersihan sangkar. Dengan memperhatikan 2 aspek itu saja, mudah-mudahan kesehatan burung Kenari tetap terjaga. Selain perawatannya yang mudah, budidaya burung Kenari juga tidaklah sulit. Bahkan sebagian orang memanfaatkan keadaan ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan baginya. Sebut saja, beberapa kelebihan burung Kenari adalah dapat menghasilkan anakan yang cukup banyak dalam sekali bertelur (2 sampai 6 anakan untuk satu induk) dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk beranjak dewasa dan mengeluarkan kicauan yang merdu (± 3 bulan). Sehingga dengan begitu, membudidayakan burung Kenari dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan cepat.

Untuk saat ini harga burung Kenari di pasaran berkisar Rp 200.000 – Rp 400.000 untuk jenis Kenari lokal, sementara jenis Kenari impor berkisar Rp 400.000 - jutaan rupiah. Berbisnis burung Kenari dapat menjadi usaha yang menggiurkan. Anda tidak perlu takut mengenai nilai jual burung Kenari ini, harganya di pasaran cenderung stabil dan malahan akan terus mengalami kenaikan akibat penggemar burung ini yang semakin banyaknya. Perlu diketahui, burung Kenari ini memiliki jenis yang beragam, setiap jenis mempunyai keunikannya masing-masing. Beberapa merupakan hasil perkawinan silang antara jenis Kenari yang berbeda sehingga menghasilkan jenis Kenari baru.

Kenari Postur (Type Canary) : Kenari yang dikategorikan berdasarkan keunggulan bentuk tubuhnya seperti ukuran tubuh dan bentuk bulu. Yang tergolong ke dalam Kenari postur : Kenari Gloster, Kenari Yorkshire, Kenari Frill, Kenari Lizard, Kenari Norwich, Kenari Five Fancy, Kenari Borde dan lain-lain.
Kenari Warna (Colorbred Canary) : Kenari yang digolongkan karena keunikan dalam segi warna, kekontrasan warna bulu. Jenis Kenari yang termasuk di dalamnya. : Kenari Red Intensive, Kenari Red Mozaic, Kenari Yellow Intensive, Kenari White Dominant dan lain sebagainya.
Kenari Penyanyi (Song Canary) : Keunggulan Kenari yang dilihat dari segi suara/kicauannya. Kelihaiannya mengeluarkan kicauan-kicauan merdu. Diantara jenis Kenari penyanyi : Kenari Waterslager, Kenari Roller, Kenari Spanish Timblador, Kenari American Singer dan lain-lain.
Kenari Hybrid (Hybrid Canary) : Merupakan Kenari jenis persilangan atau blasteran antara jenis Kenari yang berbeda sehingga diharapkan menghasilkan Kenari baru yang bersifat unik dan unggul. Beberapa jenis Kenari Hybrid : Kenari Yorkshire (persilangan dari Lancashira Scoth Fancy dengan Norwich), American Singer (persilangan antara Border dengan Roller) dan lain-lain.


Tidaklah salah, apabila anda mengambil langkah untuk memulai bisnis burung ocehan, apalagi prospek bisnis ini cukup bagus, terkhusus burung kenari. Dengan modal yang tidak besar anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Selain bisa melihat keindahannya, mendapat keuntungannya mengapa tidak? Penghasilan dari sebuah hobi itu lebih menyenangkan daripada penghasilan dari tuntutan profesi.

Oleh : Roma Doni
Referensi :
http://fortune999.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS TOMBOL LIKE YANG ANDA BERIKAN