CARA PETERNAKAN BURUNG KENARI

Beberapa teman kadang cerita ingin berternak burung kenari tapi semua bingung bagaimana cara memulainya, nah berikut saya berikan tips atau cara beternak burung kenari yang benar, langsung saja di simak bagi yang memerlukan informasinya.
Cara Ternak Burung Kenari
Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa burung kenari bukan tipe burung yang berkoloni, dia lebihg senang menjadi tunggal atau berdua saja dengan pasangan. Burung inipun mudah jinak terhadap manusia, maksudnya tidak mudah stress. Di alam liar burung ini dapat berumur 10 tahun.

Beternak burung kenari tidak begitu merepotkan jadi pas buat pemula yang sedang belajar beternak burung. Siapkan saja pakannya berupa biji khusus kenari, makanan tambahan berupa sayur dan buah yang diberikan bergantian tiap hari misal sawi, selada air, wortel, kangkung, ketimun, anggur, pear, melon. berikan saja makanan itu biar senang dan sering berkicau.

Jangan lupa protein tambahan berupa kroto atau telur, biasanya ini di berikan 2 kali seminggu. Terkadang kamu perlu siapkan juga vitamin atau suplemen tambahan :
Canary song suplement, ini untuk membantu perkembangan pita suara berbentuk padat dan cair.
Vitamin, sebagian besar makanan kenari telah dicampur vitramin jadi santai saja.
Mineral dan kalsium, Berikan tulang sotong atau bilang saja beli asinan kenari di toko pakan.

Oh ya jangan lupa sediakan air segar selalu jadi harus diganti tiap hari. Sediakan juga tempat mandi biar burung mandi sendiri jangan di semprot. Lanjut, sediakan sangkar kenari, kamu bisa beli nih sangkar ya minimal yang berukuran tinggi 40cm.

Sangkar kenari yang baik adalah yang panjang bukan yang tinggi, panjang minimal 60 cm, sediakan 2 kayu buat bertengger. Tempatkan sangkar di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

Sekarang cari kenari yang betina minimal berusia 6 bulan dan kenari jantan 8 bulan, sedang untuk Yorkshire yang betina berumur 1th dan jantan 1,2th. Jangan lupa beli kenari jantan dan betinanya, Kenari jantan itu umur 1,5 bulan sudah belajar ngriwik, biasanya body jantan ramping panjang, Anus jantan menonjol, tidak datar, jantan dewasa berbunyi nyaring.

Posisi kandang harus ditutup bagian kiri, kanan, belakang. Nah sekian dulu nanti kita lanjut bagaimana proses penjodohan kenari pada postingan berikutnya.
TERIMA KASIH ATAS TOMBOL LIKE YANG ANDA BERIKAN