Tes DNA untuk Menentukan Jenis Kelamin Kenari



tipskenari
Tes DNA untuk Menentukan Jenis Kelamin Kenari

Kenapa Uji DNA?
Menentukan jenis kelamin burung kenari terutama pada burung-burung muda yang kurang dari 6 bulan kadang dirasa sulit. Tanpa mengetahui apakah burung Anda laki-laki dan perempuan sulit untuk menjualnya pada usia muda. Biasanya kita menjual lebih banyak laki-laki daripada betina dan tentunya dengan harga yang berbeda pula. Ada teknik baru yang dapat menentukan jenis kelamin burung menggunakan DNA dari bulu! Keakuratan teknik ini tentu sangat tinggi, sampai mencapai 99%.

Bagaimana cara kerjanya?
DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid. Ini kode genetik dari burung dan sama di setiap sel di seluruh burung. DNA ini berbeda pada laki-laki dan perempuan. Tes DNA menggunakan enzim yang spesifik untuk dapat menampilkan untai DNA. DNA pada titik-titik yang berbeda pada laki-laki daripada perempuan dan menghasilkan fragements DNA dari ukuran berbeda yang spesifik dari tiap jenis kelamin. DNA terfragmentasi diperkuat dengan PCR (yang hanya membuat lebih banyak DNA yang sama - yang diperlukan sehingga Anda dapat melihat DNA) dan kemudian dijalankan melalui gel agarosa (elektroforesis) yang memisahkan DNA berdasarkan ukurannya. Fragmen yang berbeda dilihat sebagai band.


Gambar di atas adalah gel dengan sampel DNA dari enam burung. Seperti yang Anda lihat, perempuan memiliki dua band dan pria memiliki satu. Standar berat molekul penanda dijalankan di jalur tangan yang sangat kiri untuk memastikan pemisahan yang baik. Dalam tes ini mudah untuk menentukan jantan dari betina. Kecuali jika sampel darah terkontaminasi darah lain atau kotoran, penentuan jenis kelamin pada teknik DNA ini sangatlah akurat.
TERIMA KASIH ATAS TOMBOL LIKE YANG ANDA BERIKAN