TENTANG CANNARY SEED / BIJI KENARI

TENTANG CANNARY SEED / BIJI KENARI
Foto : grainscanada.gc.ca

Soemadi (2003) menyatakan bahwa berdasarkan tipe makanannya,burung dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yaitu biji, buah, serangga. Lovebird merupakan sebagaimana pada habitat aslinya. Burung yang hanya diberi 1 jenis pakan akan mengalami defisiensi nutrisi sehingga sulit berkembang biak. Oleh karena itu sebaiknya protein,vitamin, mineral dan air (Soenanto, 2002). Kelompok burungyang sangat menyukai diupayakan agar pakanmengandung karbohidrat, lemak, protein,vitamin, mineral dan air (Soenanto, 2002).

Pemberian pakan yang bergizi, air minum yang cukup, vitamin dan berbagai bentuk perawatan tubuh lovebird merupakan beberapa tindakan penting dalam menjaga kesehatan lovebird. Konsumsi pakan lovebird tergantung pada fase pertumbuhan, kondisi rontok bulu, masa berkembangbiak, aktivitas, lingkungan, waktu stres, jenis burung, dan faktor lainnya (Prijono, 2005).

Biji-bijian sering disebut sebagai sumber protein yang merupakan salah satu komponen dari makanan penguat. Beberapa biji-bijian yang disukai burung antara lain jagung, padi, kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan jewawut. Biji jewawut, millet, biji kenari, biji matahari, gabah, dan biji sawi merupakan pakan utama lovebird (Soemadi, 2003). Lovebird juga perlu diberikan pakan tambahan seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kroto (Prijono, 2005).

Canary seed yang dalam bahas latin disebut dengan Phallaris Canariensis merupakan sejenis biji-bijian dari rumpun gramineae. Canary seed mempunyai bentuk dan ukuran seperti gabah, tipis dengan kedua ujungnya lancip. Kulit bijinya licin berwarna cokelat dan keras. Apabila dikupas isinya mudah keluar. Rasa biji yang enak dan gurih sangat disukai burung pemakan biji-bijian (Soemadi, 2003). Saat ini canary seed merupakan biji-bijian yang hanya khusus diberikan pada burung pemakan biji seperti lovebird (Anonymous,2003).

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Canary Seed

Komposisi
Kandungan Zat Makanan (%)
Protein terdiri dari :
-      Prolamin dan Glutelin

18,7

77,7
Karbohidrat

15
Lemak Kasar,
Terdiri dari :
-      Linoleic
-      Oleic
-      Palmitic
-      Linoleic acid

8,7

11
55
29
11
Total solid Gula

47
 
Sumber: http://www.ienica.net/crops/canarygrass.htm, 13 Mei 2006.

Biji kenari tersebut juga mengandung asam amino lysine dan threonine yang terbatas tetapi mengandung asam amino cystine, tryptophan dan phenylalanine dalam jumlah yang besar
TERIMA KASIH ATAS TOMBOL LIKE YANG ANDA BERIKAN